-->

Pemkab Aceh Singkil Prioritaskan Penyandang Disabilitas dan Cumlaude dalam Penerimaan CASN Formasi 2024

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil memberikan prioritas kepada penyandang disabilitas dan cumlaude dalam penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) pada formasi khusus sebanyak 10 persen dari kuota CASN formasi 2024.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Singkil, Ali Hasmi, prioritas ini penting untuk memenuhi hak-hak penyandang disabilitas sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016.

"Melalui penerimaan CASN ini, Pemerintah Aceh Singkil berkomitmen untuk membangun persamaan persepsi serta peningkatan akses penyandang disabilitas terhadap pekerjaan di lingkungan pemerintahan Aceh Singkil," kata Ali Hasmi dalam keterangannya, Minggu (20/8).

Penjabat Bupati Aceh Singkil, Azmi, menegaskan bahwa rekruitmen CASN bagi penyandang disabilitas merupakan bentuk distribusi keadilan terhadap mereka. Pemerintah Aceh Singkil juga telah meminta seluruh instansi untuk menyiapkan fasilitas bagi penyandang disabilitas sebagai bentuk pelayanan inklusi.

Rekrutmen CASN ini juga membuka peluang bagi para cumlaude untuk mengikuti formasi khusus. Meski demikian, pelamar cumlaude yang mengikuti formasi khusus wajib lulus ambang batas nilai Tes Intelegensi Umum (TIU) minimal 85.

Sedangkan untuk penyandang disabilitas yang mendaftar pada formasi khusus, seleksinya akan mengikuti ketentuan yang ditetapkan pada formasi tersebut, seperti pemberian insentif waktu seleksi yang berbeda dengan formasi umum sehingga lebih memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Diharapkan dengan adanya kebijakan ini, para penyandang disabilitas dan cumlaude akan lebih mudah untuk dapat mengajukan lamaran pada formasi yang telah disediakan Pemerintah Aceh Singkil.

Keberadaan penyandang disabilitas di satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) Aceh Singkil juga memberikan pengakuan yang lebih besar terhadap hak mereka dalam mendapatkan pekerjaan secara adil dan inklusif. (RED/SI)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini