-->

Peran Babinsa dalam Program Swasembada Pangan

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Babinsa atau Bintara Pembina Desa adalah anggota TNI yang bertugas di desa binaannya. Babinsa memiliki peran penting dalam memajukan sektor pertanian serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan. 

Hal ini dibuktikan dengan kegiatan Komunikasi Sosial (komsos) yang dilakukan oleh Kopda Suprianto yang merupakan salah seorang Babinsa Koramil 0109-08/Suro Makmur, yang membantu salah satu warga dalam penyemaian bibit cabai di Desa Pangkalan Lae Sulampi, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil. Kamis (19/9).

Dalam kegiatan ini, Kopda Suprianto memberikan pendampingan kepada petani dalam hal proses pengolahan, pembibitan, penanaman, dan perawatan pada tanaman cabe. 

Upaya Babinsa dalam mendukung program swasembada pangan pemerintah dalam bidang pertanian sangatlah penting, mengingat sektor pertanian menjadi sumber pendapatan utama bagi masyarakat pedesaan di Indonesia.

Kegiatan pendampingan Babinsa menjadi kunci sukses dalam mencapai swasembada pangan di Indonesia. Dengan mengajarkan teknik pertanian yang tepat dan memberikan motivasi, para petani bisa memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan yang produktif. Babinsa juga berperan aktif dalam mengecek ketersediaan lahan serta memastikan bahwa tanaman cabe yang ditanam bisa tumbuh dengan baik.

Dalam melakukan pendampingan, Babinsa memperjuangkan tujuan yang sama dengan pemerintah, yaitu mencapai swasembada pangan di Indonesia. Dalam era globalisasi, keberadaan Babinsa sangatlah penting. Mereka menjadi jembatan komunikasi antara TNI dengan masyarakat di pedesaan.

Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, Babinsa juga dapat membuka kedekatan antara prajurit TNI dengan masyarakat sehingga terjalin keterikatan yang baik antara keduanya. 

Diharapkan keberadaan Babinsa dapat terus dijaga dan diberikan perhatian yang lebih dari pemerintah. Sebagai garda terdepan dari TNI, Babinsa harus siap memberikan bantuan dan motivasi kepada petani, sehingga pelaksanaan program swasembada pangan dapat tercapai dengan baik. (Anto)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini