-->

Delapan Desa di Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam Tergenang Banjir Akibat Luapan Sungai Lae Soraya, Babinsa Siaga Bantu Warga

KODIM SUBULUSSALAM author photo


SINGKILTERKINI.NET,SUBULUSSALAM
– Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Subulussalam selama beberapa hari terakhir telah menyebabkan luapan Sungai Lae Soraya, mengakibatkan delapan desa di Kecamatan Rundeng tergenang banjir. Desa-desa yang terdampak adalah Desa Tanah Tumbuh, Desa Tualang, Desa Mandilam, Desa Lae Mate, Desa Panglima Saman, Desa Muara Bantu-Batu, Desa Oboh, dan Desa Suak Jampak. Ketinggian air di wilayah ini bervariasi, mulai dari 30 hingga 60 cm, sehingga mempersulit aktivitas warga setempat, Jumat(11/10/2024).


Merespons keadaan ini, Danramil 0118-02/Rudeng Kapten Inf Hengki Sri Rahman memerintahkan Babinsa untuk bergerak cepat  untuk membantu warga yang terdampak. Babinsa disiagakan di berbagai titik rawan untuk memantau situasi dan memberikan bantuan, terutama dalam membantu warga menyeberangi jalan yang tergenang air, yang kini sudah tidak bisa dilalui kendaraan sepeda motor.

Serda Muryadin, salah satu personel Babinsa yang bertugas di Desa Oboh, menyatakan bahwa pihaknya akan terus siaga dan membantu warga dalam menghadapi banjir. “Kami membantu warga yang kesulitan menyeberang, terutama anak-anak, lansia, dan ibu-ibu yang membutuhkan bantuan ekstra. Kami juga mengimbau warga untuk selalu berhati-hati dan menghindari area yang lebih dalam genangannya,” ujar Serda Muryadin.

Salah satu warga Desa Panglima Saman mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan Babinsa. "Kami sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa yang sigap membantu kami melewati banjir ini," katanya.

Babinsa juga terus memantau perkembangan kondisi sungai dan memberikan peringatan dini kepada warga terkait potensi banjir susulan. Di tengah kondisi ini, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan selalu berkoordinasi dengan aparat desa serta Babinsa jika membutuhkan bantuan lebih lanjut.

Banjir di wilayah Kecamatan Rundeng ini merupakan tantangan rutin yang dihadapi warga setiap musim hujan. Dengan sinergi antara TNI, pemerintah setempat, dan masyarakat, diharapkan penanganan banjir dapat berjalan lancar, serta keselamatan warga tetap terjamin.(Pendim Subulussalam)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini