-->

Pasangan Prabowo-Gibran Dilantik sebagai Pasangan Presiden dan Wakil Presiden Baru RI

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,JAKARTA -- Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada Minggu, 20 Oktober 2024, dalam Sidang Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta. Pelantikan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Pelantikan pasangan Prabowo-Gibran didasarkan pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 504 Tahun 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2024. Dalam sidang paripurna, setelah usai pembukaan oleh Ketua MPR RI, Ahmad Muzani, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka masing-masing mengucapkan sumpah jabatan di depan hadirin.

"Sumpah saya atas nama Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang serta peraturannya dengan selurus-lurusnya, dan berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ungkap Prabowo Subianto membacakan sumpah jabatannya.

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatannya, "Sumpah saya atas nama Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang serta peraturannya dengan selurus-lurusnya, dan berbakti kepada Nusa dan Bangsa."

Setelah mengucapkan sumpah jabatan, Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menandatangani berita acara pelantikan bersama dengan seluruh pimpinan MPR RI. Kemudian, berita acara pelantikan diserahkan masing-masing kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka oleh Ketua MPR.

Sidang paripurna ditutup dengan ucapan terima kasih dari Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka kepada para pemimpin dan utusan khusus negara-negara sahabat yang hadir dalam acara pelantikan tersebut. Pasangan Prabowo-Gibran dilantik sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden yang baru untuk periode 2024-2029, dan akan memimpin negara untuk lima tahun ke depan. (RED)

Sumber: presidenri.go.id

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini