-->

Pelatihan Wasbang dan Baris-Berbaris: Membangun Karakter Nasionalisme Generasi Muda di SMAN 1 Suro

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,SURO MAKMUR - Babinsa Koramil 0109-08/Suro Makmur, Koptu Wage Rudolf Supratman Panjaitan, memberikan pelatihan wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada Siswa SMAN 1 Suro, Kecamatan Suro Makmur Kabupaten Aceh Singkil, Kamis 10 Oktober 2024. 

Pelatihan Wasbang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, seperti cinta tanah air, disiplin, tanggung jawab, dan menghargai perjuangan para pahlawan, kepada para siswa.

Selain pelatihan Wasbang, Babinsa Wage juga memberikan pelatihan baris-berbaris dan disiplin kepada siswa. Pelatihan ini diterapkan untuk meningkatkan disiplin, rasa tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar para siswa. 

Babinsa Wage berharap, pelatihan ini dapat membantu para siswa membangun karakter yang bertanggung jawab dan memiliki rasa nasionalisme yang kuat.

Pada kesempatan tersebut, Syamsuardi, S. Pd selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Suro menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa Koptu Wage atas kegiatan yang telah dilakukan. 

Menurut Syamsuardi, pelatihan seperti ini sangat membantu siswa untuk menjadi lebih disiplin, bertanggung jawab, dan memiliki rasa cinta tanah air yang kuat.

Di era modern saat ini, banyak remaja yang terjerumus pada aktivitas yang tidak produktif seperti bermain game online dan menggunakan gadget. Mereka lupa akan tanggung jawab dan tugas mereka sebagai siswa dan sebagai generasi muda yang harus membangun karakter dan jati diri bangsa. 

Pelatihan Wasbang dan baris-berbaris ini dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kesadaran dan mempunyai rasa tanggung jawab terhadap negara, agar dapat menghasilkan manusia yang berguna bagi negara.

Dalam pelatihan baris-berbaris, para siswa dibekali tentang teknik dan tata cara baris-berbaris yang benar. Sebuah kegiatan sederhana yang sebenarnya memiliki makna yang sangat penting bagi pembentukan karakter dan kedisiplinan siswa. 

Pelatihan baris-berbaris tidak hanya mengajarkan tata cara baris dan jalan, tetapi juga menumbuhkan rasa tanggung jawab, kekompakan, dan solidaritas di antara siswa.

Kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0109-08/Suro Makmur, Koptu Wage Rudolf Supratman Panjaitan, ini sangat penting dalam membangun karakter siswa serta mewujudkan nasionalisme yang kuat pada generasi muda. 

Para siswa perlu diingatkan bahwa semangat perjuangan para pahlawan harus diwarisi dan dijaga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap mereka. Peran TNI dan Babinsa di sekolah-sekolah sangat penting dalam mengarahkan para siswa pada generasi yang lebih baik, terutama dalam hal membangun nasionalisme dan karakter yang kuat bagi para siswa.

Di akhir kegiatan pelatihan tersebut, para siswa memberikan ucapan terima kasih kepada Babinsa Koptu Wage Rudolf Supratman Panjaitan atas kegiatan yang telah dilakukan. 

Melalui pelatihan ini, para siswa semakin sadar akan pentingnya mempunyai rasa tanggung jawab, kekompakan, dan solidaritas untuk membangun karakter yang bertanggung jawab dan memiliki rasa nasionalisme yang kuat. 

Semoga pelatihan-pelatihan seperti ini dapat terus dilaksanakan agar para siswa dapat membangun diri menjadi sumber daya manusia yang lebih baik dan memiliki rasa cinta tanah air yang kuat. (Anto)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini